Tips Leadership : Type Pemimpin Yang Narsis

Tips Leadership : Type Pemimpin Yang Narsis

Tips Leadership :
Type Pemimpin Yang Narsis

Di video ini saya mau share kepada teman-teman semua tentang
ciri leader yang narsis.

Ada 10 Tips kita bisa mengindikasi leader kita dia seorang yang narsis atau seorang leader yang bagus. Simak indikator nya di video berikut ini. Ada dewa yang turun ke bumi.
Dewa tersebut jatuh cinta dengan manusia, dewa ini sangat gagah perkasa dan manusia ini sangat cantik sekali dan akhirnya sang dewa jatuh cinta kepada manusia ini.

Mereka pun menikah, melahirkan seorang anak yang diberikan nama Narcissus. Narcissus adalah seorang yang sangat ganteng, tampan memiliki badan yang kekar layaknya seperti seorang
hercules yang berotot kekar.

Suatu ketika seorang teman dari dewa tersebut berarti bapak nya ya teman bapak nya ini bilang kepada bapak nya ini, kalo nanti anak lu lahir, narcissus ini lahir, ingat ya jangan sampai dia ngaca,
kalo dia ngaca kemudian mereka lihat dirinya, maka dia akan terkena yang namanya kutukan.

Selalu di ingat pesan ini, sehingga sampai narcissus itu lahir ke bumi, dia tumbuh menjadi seorang pemuda yang gagah, yang ganteng, yang berbadan kekar.

Dan sampai di umurnya yang dewasa, mungkin sekitar dua puluhan dia tidak pernah melihat dirinya sama sekali di cermin tentunya.
Karna kegantengannya ini banyak wanita yang tergila-gila
sama dia, sama Narcissus ini. Terlalu banyak wanita yang jatuh hati, tapi sering kali cintanya bertepuk sebelah tangan.

Sampai suatu ketika, ada dewi dari kayangan melihat Narcissus
seperti yang anda duga bahwa dewi ini langsung jatuh cinta
kepada Narcissus karna gantengnya, karna gagahnya karna body nya yang kekar.

Dewi ini jatuh cinta, tapi seperti biasa, Narcissus langsung menolak cintanya. Dewi ini sakit hati mengadu kepada dewi yang lain dewi yang lain langsung marah, murka dan dia turun ke bumi, mengutuk Narcissus dengan kutukan
“Apabila Narcissus melihat dirinya, maka dia akan mati”. Begitu

Narcissus hanya menganggap kutukan itu seperti sebuah bercandaan. Sampai suatu ketika, Narcissus sedang berjalan ke sana kemari ya intinya seneng jalan-jalan, mungkin sedang bermain atau sedang berburu. Tidak melihat cermin, namun ketika sedang berjalan tiba-tiba ada sebuah danau yang permukaannya sangat bening. Airnya tuh bersih banget dan tiba-tiba dia melihat danau tersebut, dia melihat dirinya, dan di situ dia langsung jatuh hati kepada dirinya sendiri. Jadi dia jatuh cinta dengan dirinya sendiri. Dan dia langsung melihat banyangan itu, dia terjun
dia nyebur ke danau tersebut.
Dan sampai saat ini Narcissus tidak pernah di ketemukan dan tidak pernah muncul kembali ke permukaan air. Itulah asal mula kenapa
muncul kata Narcissism yang artinya diterjemahkan dari sebuah kata Narsis. Awal mulanya dari sana.

Baik, intinya ketika seorang leader tidak bisa mendengarkan orang lain kemudian dia juga agak sulit ketika menerima kritik.

Apakah leader anda memiliki 10 sifat berikut ini? Jika iya bisa jadi dia memeliki sifat narsis, tentunya kalo dia memiliki sifat ini bisa diindikasikan dia bukanlah seorang leader yang baik meskipun sifat ini bisa di perbaiki.

Mari kita mulai..

Sifat yang pertama adalah leader tersebut tidak peka terhadap kebutuhan karyawan, tidak peka terhadap kebutuhan tim.
Semua kebutuhan pokonya saya terpenuhi, karyawan atau tim masa bodo. Mau dia sukses, mau dia gagal mau dia bisa bekerja ataupun tidak masa bodo.

Kalo dia adalah manager yang penting posisi saya aman, tapi
posisi karyawan masa bodo. Tapi kalo dia adalah seorang bos, bos besar di perusahaannya maka akan ada kemungkinan dia selalu menekan karyawan nya untuk selalu bekerja keras bisa menghasilkan sesuatu yang sangat maksimal tapi tidak diperhatikan kebutuhan untuk menghasilkan sesuatu yang maksimal tersebut, gitu.

Yang kedua kita punya yang namanya hanya peduli pada perasaannya.
Jadi indikator kedua adalah, leader tersebut hanya peduli pada perasaannya. Dia tidak pernah memikirkan perasaan orang lain. Dia baru memikirkan apabila kena teguran dari yang lebih diatas nya lagi baru dia pikirin, ya tujuan nya lebih ke ngejilat sih mungkin ya.

Nah, ketika dia pikirin sebentar udah gitu atasannya tidak menegur kembali dan dia kembali ke sifat aslinya.

Yang ketiga, kita punya indikator yang namanya
Leader punya agenda tapi tidak mau disalahkan.
Maksudnya seperti apa, banyak agenda-agenda yang sudah di buat, banyak bisnis plan yang sudah di buat.
Namun, ketika bisnis plan itu tidak terlaksana dengan baik dan leader ini jika mempunyai bos lagi dia kena teguran dari bosnya, dia akan langsung bilang, ya gatau itu kan bagiannya si anu, bagian si anu.

Saya sudah menugaskan dia, dan saya juga gatau kenapa dia tidak mau mengerjakan hal tersebut. Punya agenda tapi agenda nya ga dijalankan dan gak mau di salahkan. Ketika di salahkan malah berkelit.

Dan yang ke empat, kita harus tau leader yang punya sifat narsis selalu melempar kesalahan kepada orang lain. Dia di salahkan tetapi dia salahkan orang lain. Jika dia adalah bos pemilik perusahaan, ada complain, ada masalah yang sebenernya karena si bos nya sendiri, sumber permasalahannya dari bos nya sendiri.

Misalnya dia tidak memperhatikan kebutuhan, komputer rusak,
komputer sudah tua, sudah jadul tapi tiba-tiba komputer ini rusak yang di salahkan adalah si karyawannya karna tidak bisa memakai komputer yang baik.

Kemudian yang ke lima, kita punya indikator leader anda adalah narsis jika dia suka menjatuhkan orang lain. Seringkali dia untuk bisa naik ke posisi yang baru maka dia harus menjatuhkan orang lain terlebih dahulu, itu adalah salah satu trik, salah satu
tips bagaimana bisa menaikan karir kita menjadi lebih baik, tapi kalau dengan cara ini maka itu bisa di kategorikan sebagai seseorang yang mempunyai sifat narsis.

Next, kita punya tipe yang ke enam leader yang narsis adalah leader yang suka mendengarkan dirinya sendiri.
Dia tidak pernah mendengarkan masukan dari orang lain, kritik dari orang lain, ilmu dari orang yang lebih berpengalaman, tapi lebih cenderung dia akan ketika dia menerima sesuatu dari masukan orang lain, siapa pun orang nya dia akan lebih suka mendengarkan dirinya sendiri.

Next yg ke tujuh, kita mempunyai indikator yang namanya leader narsis suka mengambil ide orang lain.

Contoh
Bos, ini maksudnya manager, cerita nya kita punya leader namanya manager. Jono adalah seorang anak buah, jono bilang ke managernya namanya jona misalnya Pak jona zaman sekarang itu sudah zaman nya sosial media, kita harus punya instagram, kita harus punya facebook, kita itu harus bermain youtube, kalo kita gak punya hal hal seperti itu kita bisa ketinggalan zaman pak, kalo kita
ngiklan lagi pake koran, kita ngiklan lagi pake surat kabar yang dulu terkenal sekarang-sekarang gak terkenal itu akan membuan-buang biaya pak jona. Gimana pak jona kita
harus lakuin ya?

Kemudian si pak jona akan bilang ke jono karyawannya
ah lu itu sotau ya, ngelakuin begini tuh buang-buang waktu
buang-buang tenaga daripada lu mikirin beginian mending lu kerjain kerjaan luh deh nah gitu kata pak jona.

Seminggu kemudian si bos mengadakan meeting dia bikin bisnis plan, halo hari ini kita akan meeting tentang bisnis plan tahun 2020.

Oke pak jona menurut anda kita harus bagaimana supaya kita bisa mengembangkan perusahaan? Tiba-tiba si pak jona akan bilang
bos kita harus bermain facebook, kita harus bermain instagram bos, dan kita harus punya channel youtube untuk mempromosikan
bisnis kita bos.

Nah, si jono langsung nyinyir itu bukannya ide gua ya.
Jadi, ketika si jono bilang ke pak jona. Pak jona itu kan ide saya, pak jona yang bukannya kemaren di tolak ya? kata si jono nih.

Pak jona akan bilang kapan lu ngomong? gua ga inget, itu mah gua baru kepikiran aja semalem karna gua pengen ngemajuin perusahaan, gua mikir harus bagaimana makanya gua nyampein ide ini ke si bos. Lu kapan bilangnya gitu? jadi si jona akan bilang ke jono bahwa jono ini tidak pernah menyampaikan ide tersebut.

Dan dia akan menggunakan idenya jono untuk menjilat si bos. Seperti itu. Itu yang dimaksud dengan narsis dengan mengambil ide orang lain.

Next yg ke delapan, leader narsis suka menjelekkan orang yang memberi ide. Itu yang saya tadi sebutkan.

Selanjutnya yg ke sembilan, dia berani aturan dan etika. Leader yang narsis dia sudah membuat aturan di perusahaannya, harus A, harus B, harus C, namun ketika peraturan sudah di buat, maka dia akan bilang, gua kan leader, gua kan bos nya.

Nah itu menunjukkan seperti tidak komit, tidak cocok dan juga seperti tidak konsisten terhadap apa yang sudah di buat dan di ucapkan. Maka itu bisa di kategorikan sebagai leader yang
narsis.

Next yg ke sepuluh adalah bonus leader yang narsis sangat sensitif terhadap kritik, ya jadi ketika di kritik pastinya dia akan marah, ketika di kritik pastinya dia akan bersilat lidah menunjukkan bahwa leader tersebut memiliki prinsip yang sudah benar.

Yang berikutnya, leader mempunyai sifat yang toxic. Artinya beracun.  Toxic itu adalah sifat yang tidak bermanfaat dan cenderung merugikan orang lain.

Contoh, sifat-sifat toxic :
Gosip, kemudian ngomongin orang sama aja ya.
Gampang marah, mudah emosi, tempramental. Kemudian dia juga
punya sifat iri, punya sifat dengki dan dia tidak mudah menerima segala sesuatunya tidak bisa mendengar.

Itu adalah contoh-contoh sifat toxic. Ohhiya saya juga inget
mudah mengeluh. Mudah mengeluh adalah contoh sifat toxic.
Apabila leader anda memiliki sifat-sifat seperti ini, bagaimana cara mengatasinya?
Ya mengatasinya mungkin sudah takdir ya, anda boleh pilih anda tinggalkan leader tersebut dan anda cari leader yang cocok dengan anda.

Namun, anda juga bisa mengatasi sifat leader tersebut dengan tunjukan prestasi dari diri anda. Ketika anda memiliki prestasi yang bagus, ketika mempunyai pendengaran yang bagus. Pendengaran maksudnya gini ya kalo leadernya lagi narsis gitu kan, lagi ngejelekin yaudah lah ya dengerin aja gitu.

Maka itu adalah tips yang bisa anda lakukan pertama adalah
anda ganti leader anda atau
ikuti kemauannya, dengarkan kemauannya, tunjukan prestasi. tentunya kalo ikuti kemauan yang masuk akal di ikuti yang aneh-aneh gak di ikuti ya karna gak masuk akal.

Tentunya tidak masuk akal itu artinya tidak berhubungan dengan prestasi dan perkembangan diri dari teman-teman semua ya itu.

Berarti tadi berapa tips ya, berarti lebih dari sepuluh ya
Bagaimana cara kita mengindikasikan apakah leader kita itu seorang yang narsis atau leader yang patut di contoh dan di teladani.

 

Oke kita akan ketemu di video berikutnya dengan saya Samuel Moses di Youtube Channel Samuel Moses. Thankyou semuanya.