Tips Belajar Public Speaking! Ini Dia 3 Cara Mengatasi Rasa Takut Saat Presentasi!

Tips Belajar Public Speaking! Ini Dia 3 Cara Mengatasi Rasa Takut Saat Presentasi!

Ini Dia 3 Cara Mengatasi Rasa Takut Saat Presentasi!

Halo pengusaha entrepreneurs Indonesia

Kembali lagi dengan Samuel Moses kali ini saya akan membahas tentang topik mengapa kita merasa takut saat berpresentasi atau berbicara di depan umum. Jadi topik kali ini adalah tentang public speaking ya jadi public speakingnya dikhususkan untuk anda seorang pembicara, entrepreneurs ataupun pengusaha yang memiliki banyak bisnis dan memimpin sebuah tim. Jadi sekarang saya akan sharing tentang cara berbicara di depan umum.

Teman-teman pengusaha entrepreneus Indonesia public speaking yang akan saya bawakan kali ini bukan untuk MC ya meskipun sebenarnya sama saja dan bisa untuk MC juga hanya saja ini dikhususkan untuk anda yang banyak melakukan briefing, banyak melakukan meeting dan hal itu sangat sangat diperlukan untuk kita sebagai seorang business owner ataupun pengusaha namun adakalanya saat akan membawakan sebuah materi ataupun presentasi apalagi ke pimpinan misalnya, kita punya atasan atau kita mau briefing anak buah yang anak buahnya mungkin terkadang lebih tua. So akan ada banyak kendala salah satunya adalah ketakutan, itu tidak salah sih karena saya juga pernah baca dari salah satu bukunya, bukunya siapa saya lupa pokoknya gini “ketakutan tertinggi di peringkat satu manusia adalah berbicara di depan umum alias public speaking di depan umum” jadi daripada seperti itu lebih baik katanya dia jatuh dari ketinggian lah atau mungkin dia lebih baik dikejar-kejar ular lah dan sebagainya itu konyol sih. Kan pertanyaannya apa iya separah itu? ya saya sih tidak tahu ya itu kan research lah ya tapi kalau saya kurang setuju. Lebih seram dikejar singa karena ini menyangkut hidup dan mati daripada saya berbicara di depan umum.

Kali ini pertanyaannya kenapa kita bisa takut saat berpresentasi? Oke jadi pertama adalah masalah mindset, mindset kita akan berkata pada saat kita berbicara di depan umum kalau kita akan gagal kita akan ditertawakan, akan dicuekin, akan diomongin diantara teman-teman yang lainnya entah ngomongin kita apa karena kan kita di depan namun kita akan diomongin, kita akan di dihina. Mungkin akan ada juga tipe-tipe pembicara, tipe-tipe audience kalau misalnya kita tidak bisa menjawab pertanyaannya dia maka kita akan dibully dan diolok-olok mungkin seperti itu otak kita berpikir. Itu tidak salah tapi itu tidak akan terjadi, salah satu guru saya juga pernah saat awal-awal melakukan presentasi tuh takut laptopnya meledak memang bisa saja laptopnya meledak tapi ya itu kan impossible, bisa saja terjadi hanya saja kemungkinannya kecil, laptop meledaklah atau misalkan tiba-tiba di ditengah presentasi atau lagi berbicara di depan umum dia akan sakit perut, kepleset jadi itu khayalan-khayalan yang kecil kemungkinannya terjadi hampir tidak mungkin. Bisa saja terjadi namun kemungkinannnya sangat kecil. So teman-teman untuk memastikan kita lebih tenang kita harus membayangkan yang sebaliknya jangan membayangkan yang negatif tapi bayangkan yang positif seperti audience yang tersenyum, kita ditepukin, kita di semangatin, kita disalamin “thank you ya pak Samuel sudah membawakan materi ini. Sangat menginspirasi sekali, kita sepulang dari sini bisa-bisa langsung praktek nih. Aduh thank you banget ya buat materinya benar-benar inspiratif sekali. Nanti kita undang lagi ya pak tidak apa-apa ya” Oh tentunya mau kan diundang lagi, dapet bayaran gitu ya boleh lah masa tidak mau jadi maksudnya begitu ya. Kita harus membayangkan sesuatu yang happy, yang bisa membuat bahagia, yang bisa membuat kita bersemangat kembali dan itu yang membuat kita bisa merasa lebih tenang. Oke itu adalah tips yang pertama.

Tips yang kedua adalah karena public speaking itu kita tidak terbiasa, public speaking berbicara di depan umum melakukan presentasi kita tidak terbiasa maka otak kita dan badan kita akan menganggap itu adalah hal yang baru. Nah karena itu dianggap sebagai hal yang baru kita akan tegang, so teman-teman bayangkan pada waktu awal-awal belajar menyetir mobil teman-teman merasakan apa? coba bayangkan dulu teman-teman merasa apa waktu awal-awal menyetir mobil. Nah mungkin ada yang langsung menjawab dalam hati kalau rasanya tegang, deg-degan, takut salah, panik, serba hati-hatilah ya kontrol sebelah mana segala macam. Itu sama halnya seperti kita berbicara di depan umum atau melakukan public speaking. Demikian dimana waktu awal-awal belajar mobil itu kita tidak biasa mungkin kita harus cari guru dan cari mentor untuk membimbing kita. Akhirnya setelah bisa sekarang coba untuk teman-teman yang sudah bisa menyetir, apa yang teman-teman rasakan kalau anda sudah bisa menyetir sambil menelpon kadang ada yang sambil merokok? itu udah keren sekali itu sudah tidak pakai tegang, tidak pakai mikir dan itu karena sudah terbiasa. Public speaking, berbicara di depan umum itu sama halnya seperti kita belajar menyetir mobil semakin terbiasa maka akan semakin mahir. Dulu saya tidak bisa berbicara seperti ini, teman-teman bisa lihat ya awal-awal saya berbicara di depan kamera seperti ini rasakan dan lihat perbedaannya yang dulu dengan yang sekarang. Itu karena membiasakan diri lalu berlatih, karena public speaking itu tidak jauh dari yang namanya latihan. Itu harus dicoba terus.

Yang ketiga itu teman-teman tidak ada atau kurang persiapan. Kurang persiapan itu misalnya materinya tidak siap, teman-teman kurang tidur itu juga termasuk kurang persiapan, laptopnya ketinggalan tidak diperiksa dulu harusnya bawa tapi lupa dan salah makan ya sudah tahu mau presentasi, sudah tahu mau public speaking, sudah tahu mau meeting, sudah tahu mau ketemu perusahaan lain mau deal-dealan eh malah makan makanan pedas yang membuat sakit perut akhirnya presentasinya gagal dan itu sangat-sangat disayangkan ya. Tapi kalau memang terjadi demikian mau bagaimana lagi, cuman yang paling penting kita tuh harus punya persiapan, kita harus memastikan kita bikin checklist dulu materi sudah dikuasai, barang-barang sudah komplit yang harus dibawa pakai baju apanya jelas gitu, kita mau dateng jam berapa, apa saja yang harus kita persiapkan sebelum meeting misalnya speakernya harus bagus, sound systemnya harus oke. Itu harus dipersiapkan terlebih dahulu ya jangan sampai salah.

So teman-teman pengusaha entrepreneurs Indonesia itu dia tips public speaking. Bagaimana caranya kita bisa lebih berani dan kita tidak merasa takut pada saat kita akan presentasi. Tips simple ini bisa teman-teman praktekkan dan semoga ini bisa membuat teman-teman lebih percaya diri pada saat membawakan presentasi ataupun berbicara di depan umum. Suka dengan tips-tips seperti mindset, productivity, bisnis, team building, leadership ataupun pengembangan diri? teman-teman boleh subscribe channel saya di Samuel Moses bisnis saya di channel DistributorBangunan kemudian boleh juga follow tiktok @distributorbangunan ya. Teman-teman untuk video ini boleh like, comment jika ada yang ingin ditanyakan dan juga boleh share kepada teman-teman lain yang mungkin membutuhkan tips public speaking. Saya yakin ini bisa bermanfaat untuk mereka yang mendengarkan. Kita akan bertemu lagi divideo berikutnya bersama dengan saya Samuel Moses salam sukses dan tetap semangat.


bye bye