Susah Berkomunikasi Dengan Tim? Ini Dia 4 Langkah Berkomunikasi Dengan Tim!

Susah Berkomunikasi Dengan Tim? Ini Dia 4 Langkah Berkomunikasi Dengan Tim!

Ini Dia 4 Langkah Berkomunikasi Dengan Tim!

Anda suka sakit hati dengan tim? suka kesal dengan tim? atau mungkin anda sering dongkol karena tim anda itu tidak mengerti tentang apa yang anda sampaikan dan kok rasanya mereka bodoh banget ya, kalau bukan saya yang ngerjain kayaknya tidak akan beres deh. Kalau begitu gimana dong? saya akan membahas cara berkomunikasi bersama tim supaya mereka bisa mengerti dengan apa yang kita mau, dengan apa yang kita maksud dan ini dia.

Yoo teman-teman dengan Samuel Moses dari distributorbangunan.com gimana caranya biar kita berkomunikasi dengan tim dan tim pun tidak bingung dengan apa yang kita mau, tim juga bisa ngerjainnya dengan senang, kemudian kita pun tidak dongkol dengan tim kita karena mereka tuh kayak tidak ngerti-ngerti gitu. Nah, begini poinnya adalah kalau saya ya ketika berkomunikasi ataupun ketika memberikan pengarahan saya akan bercerita dulu coba lakukan ini, coba lakukan A, coba lakukan B, coba lakukan C ya jadi itu pertama saya biasanya akan memberikan perintah dulu. Satu nih ya perintah lalu yang kedua saya akan memberikan goals. Jadi maksud dari perintah ini tuh apa sih? contohnya misal gini “coba tolong input postingan di sosial media ya, postingan tentang tips bisnis yang sudah saya buat setiap hari. jam 08.00 pagi ya” Nah setelah itu saya akan kasih goalsnya nih, oke kenapa
harus delapan pagi? karena disitu adalah jam-jam orang buka handphone gitu ya lalu kenapa kita harus posting? supaya orang aware terhadap diri kita terus itu buat jadi sarana promosi juga gitu kan terhadap produk yang kita jual. Kemudian yang ketiga adalah perspektif. Jadi perspektif itu kita akan tanyakan kepada tim kita seperti “eh so menurut kamu gimana nih? ini oke tidak perintahnya? terus dari apa yang saya maksud ini kira-kira works tidak? apa akan ada sebab akibatnya tidak ya? jadi misalnya kita kan ingin akibatnya meningkatkan promosi nih dengan kita melakukan sebabnya seperti ini akibatnya sesuai tidak dengan ekspektasi kita ini? menurut kamu gimana?” jadi kita akan ngobrol kita, akan tukar pendapat dengan tim kita. Nah dengan kita ngobrol begitu membuat saya lebih percaya diri terhadap apa yang saya perintahkan, dengan apa yang saya pikirkan, idenya kira-kira bakal lebih works atau tidak. Bagaimanapun juga sebuah pendapat itu akan lebih bekerja dengan baik jika diutarakan benar oleh dua orang atau lebih itu lebih baik lagi validasinya gitu ya poinnya. Nah, jadi kita bisa tanyakan perspektif ini kepada tim kita apakah kita sudah tepat ataupun belum atau mungkin dia punya perspektif lain gitu. Setelah kita ngobrol nextnya adalah biasanya saya akan berdiskusi action plan apa yang bisa dilakukan oleh dia ataupun dia sebagai pengarah kepada orang lain gitu ya. Jadi action plannya misal “oke kalau gitu besok ya jam 08:00 posting, kamu buka dulu laptopnya langsung buka sosial media yang pertama Facebook lalu kedua IG dan yang ketiga YouTube” misalnya begitu. Itu udah ngomongin action plan dan itu tercatat biasanya perintah 1 perintah 2 perintah 3 harus ngelakuinnya seperti apa biasanya tercatat. Jadi pertama ada perintah, ada goals, ada diskusi, perspektif ya terus keempat kita diskusi action plan itu bisa membantu mengclearkan apa yang kita sampaikan, tim juga bisa mengerti apa yang kita mau dan action plannya akan jelas. Jadi hindari diskusi-diskusi ataupun meeting-meeting yang ada sesi curhat atau pun gosipnya. Kalau memang ada sih yaudah tapi clear kan dulu nih urusan pekerjaan yang mau dilakuin setelahnya baru anda bergosip, bercerita atau misalnya membicarakan hal-hal yang lain. Itu sudah boleh dilakukan asalkan yang bagian pekerjaannya sudah selesai terlebih dahulu ya.

Teman-teman pengusaha entrepreneurs Indonesia semoga tips ini bisa
membantu teman-teman semua sehingga kita bisa berkomunikasi dengan tim lebih baik, tidak mudah marah, tidak mudah kesal, kita bisa lebih happy dan juga lebih enak kerjasamanya dengan tim. Kita juga tentunya kalau tidak mudah marah-marah kan kita bisa lebih awet muda dan lebih bisa menikmati hidup. Kalau marah-marah terus stress kan tidak enak.

So suka dengan tips seperti ini? subscribe, like, komen dan juga share. Saya punya komunitas bahan bangunan. Jika teman-teman berkenan dan ingin ikut boleh klik link http://sharemytribe.me/b2c8 tinggal di klik saja
nanti teman-teman akan langsung ke sana. Kita akan berjumpa lagi di video berikutnya bersama saya Samuel Moses dari distributorbangunan.com tetap senyum, semangat dan mantap.